Mengenal Perbedaan Hak Akses di OS Linux Debian

Di dalam sistem operasi linux, pembagian hak akses pemakai atau biasa disebut dengan user dibedakan menjadi dua, yaitu hak akses user biasa dan user root (super user) di mana untuk hak akses user biasa hanya memiliki hak akses yang terbatas, sedangkan untuk user root mempunyai hak akses tanpa batas. Perbedaan lain yaitu didalam user biasa biasanya ditandai dengan simbol $ (dollar), sedangkan untuk user root ditandai dengan tanda # (kres) pada terminal.
Untuk bisa masuk ke dalam user root silahkan login menggunakan user biasa terlebih dahulu seperti contoh di atas dengan mengisikan usernamenya user biasa dan password user biasa terlebih dahulu, kemudian ketikan su dan isikan password root atau bisa juga langsung ketika hendak login ketik username root dan masukan password root lalu enter dan anda langsung masuk kedalam user root. Untuk mengecek user biasa dan user root bisa dilihat dalam simbolnya dan bisa juga dicek dengan mengetikan perintah whoami, jika jawabannya username biasa berarti itu user biasa, jika root berarti itu user root. Walaupun demikian ketika kita berada dalam user biasa juga masih bisa menggunakan hak akses root, contoh :
latihan@debian-server:-$ sudo nano /etc/network/interfaces kemudian isikan password rootnya.
keterangan :
sudo singkatan dari super user do yang artinya super user melakukan...
nano adalah perintah untuk melihat dan mengedit file, persis sama seperti pico, vi, vim, dll.
/etc/network/interfaces adalah file yang dilihat atau ingin diedit.

Semoga artikel ini bermanfaat...

Salam Dari | Anak IT

0 komentar:

Post a Comment

mohon kepada komentator untuk berkomentar sesuai dengan topik yang di postingkan,, dilarang OOT (out of topic) dan bagi yang ingin pasang link hidup dipersilahkan..
Salam Dari | Anak IT