Cara Merubah Tampilan Warna CMD

Bagi anda yang sering berkutat dalam jaringan tentunya anda tidak lepas dari penggunaan baris-baris perintah pada cmd atau di sebut juga dengan command prompt. Kebanyakan dari sekian banyak orang yang berkutat dalam jaringan, dalam mengetikan perintah-perintah dalam cmd merasakan rasa lelah atau bosan karena tampilan perintah-perintah yang sama seperti itu alias hitam putih, sama seperti menulis di buku hanya saja warnanya dibalik. Untuk mengurangi rasa kebosanan dalam mengetikan baris-baris perintah yang hitam putih, kita bisa menggunakan warna yang lain yang menurut kita menarik sehingga mengurangi kebosanan kita dalam beroperasi dengan barisan perintah.


Untuk lebih jelasnya, simaklah tutorial di bawah ini :
1. Untuk membuka cmd, tekan kombinasi tombol windows + R atau masuk ke Run.. dan isikan kata cmd dan klik OK atau Enter.


2. Ketika muncul jendela cmd, ketikan perintah color help untuk menampilkan kode jenis warna yang akan muncul ketika kita mengetikan perintah.


Untuk kode warna bisa dilihat seperti gambar di atas seperti untuk warna hijau terang kodenya A, untuk warna merah kodenya 4 dan sebagainya.

4. Sebagai contoh kita akan membuat tampilan cmd menjadi hijau terang layaknya anda sebagai seorang hacker. Karena kode untuk warna hijau terang adalah a, maka kita ketikan perintah color a. Untuk warna yang lain juga demikian, menyesuaikan dengan kodenya masing-masing


5. Untuk penggantian warna, tidak hanya untuk mengganti warna teksnya saja tetapi bisa untuk mengganti warna backgroundnya. Untuk mengubah warna background kita membutuhkan dua kode warna, yaitu untuk kode warna depan yang untuk warna background dan kode warna dibelakang untuk kode warna teksnya. Sebagai contoh kita akan mengubah warna background menjadi hijau terang maka kita letakan kode a di depan dan warna teksnya biru maka kita letakan kode 1 di belakang, jadi perintahnya adalah color a1 seperti gambar berikut ini :


6. Sedangkan untuk menjadikan background biru dengan teks hijau terang maka tinggal dibalik kode warnanya, yaitu color 1a.


Untuk lebih jelasnya anda bisa menonton video tutorial di bawah ini :


Sekian tutorial dari saya, apabila ada kekurangan saya mohon kritik dan sarannya.
Jika anda masih kebingungan dengan tutorial ini, jangan sungkan-sungkan untuk berkomentar, kontak lewat contact us atau kontak lewat Facebook saya.
Semoga bermanfaat..

Salam Dari | Anak IT

2 komentar:

  1. itu yang tulisannya ijo keren, jadi kaya hacker beneran. kunjung balik ke http://catatankiting.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhe ea nich gan,, aku paling seneng kalo teks cmd nya aku ubah jadi ijo terang serasa hacker gituh.. cuma kurang ilmunya ja untuk menyandang gelar hacker..
      thanks banget gan atas kunjunganny.. OK siap.. :-)

      Delete

mohon kepada komentator untuk berkomentar sesuai dengan topik yang di postingkan,, dilarang OOT (out of topic) dan bagi yang ingin pasang link hidup dipersilahkan..
Salam Dari | Anak IT